3 Penyakit Yang Disebabkan Konsumsi Nasi Berlebih

3 Penyakit Yang Disebabkan Konsumsi Nasi Berlebih

Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Makanan ini mengandung sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari. Indonesia sendiri menyandang nama negara agraris. Tidak mengherankan jika produksi beras dalam negeri sendiri cukup melimpah yang menyebabkan makanan pokok dalam negeri adalah nasi. Bahkan bila tidak mengkonsumsi nasi maka masyarakat Indonesia belum kenyang dan merasa kurang asupan.

Nasi sendiri direkomendasikan dikonsumsi sebagai sumber energi untuk memulai hari. Nasi dapat dikonsumsi dengan menggunakan ragam olahan sayur dan lauk pauk untuk mengoptimalkan kebutuhan nutrisi tubuh. Bahkan dalam rekomendasi konsumsi harian di Indonesia sendiri konsumsi nasi disarankan dan diatur untuk kebutuhan kalori harian tubuh. Tetapi, konsumsi nasi berlebihan ternyata tidak baik loh!

Tahukah anda pada 70gram nasi akan terdapat 91 kalori (ini pada nasi putih). Dimana ukuran 70 gram sendiri merupakan ukuran makanan nasi tim bayi. Jika anda mengkonsumsi nasi lebih dari itu, maka anda bisa bayangkan seberapa besar kalori yang anda miliki dalam sekali makan. Itupun belum terhitung konsumsi sayur, lauk pauk dan berbagai cemilan lainnya. Sementara itu, kebutuhan kalori orang dewasa sendiri adalah 2000-2500 kalori saja.

Bila anda mengkonsumsi nasi dengan porsi besar maka anda akan memiliki kalori nasi putih yang banyak. Banyaknya kalori yang dimiliki tubuh dan tidak digunakan untuk menghasilkan energi akan disimpan dalam tubuh. Dimana kegiatan ini akan berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mampu menyebabkan penyakit degeneratif. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh banyaknya Kalori nasi yang dikonsumsi adalah :

Penyakit Karena Kalori Nasi Putih Berlebih

1. Penyakit jantung

Banyaknya Kalori nasi yang dikonsumsi dalam sehari dapat menyebabkan gula darah dalam tubuh meningkat. Sehingga penyakit degenerative tidak bisa terhindarkan misalnya saja penyakit jantung coroner. Hal ini dikarenakan kadar gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Kondisi ini akan menyebabkan gagal jantung hingga berujung kematian. Sebab itu, konsumsi nasa yang sesuai dengan porsi kalori harian seharusnya dilakukan.

2. Kanker

Kanker juga dapat dipicu oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Kanker sendiri terjadi karena konsumsi gula atau Kalori nasi yang berlebihan. Gila dalam darah yang tinggi menyebabkan kinerja insulin menjadi tinggi hingga menyebabkan kanker. Bahkan karena kadar gula yang tinggi sehingga sistem peredaran darah dalam tubuh menjadi tidak berlangsung dengan baik sehingga menyebabkan kanker pada beberapa organ tubuh.

3. Penyakit Turunan Layaknya Diabetes

Penyakit ini disebabkan oleh konsumsi gula dalam tubuh seperti nasi dan makanan manis lainnya yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit degeneratif. Penyakit diabetes disebabkan oleh tubuh yang mengalami resistensi insulin sehingga menyebabkan kadar gula tubuh meningkat.

Konsumsi Kalori nasi yang disarankan dalam sehari adalah 4 hingga 5 kepal nasi saja sehari. Dengan konsumsi nasi yang sesuai dengan saran kesehatan akan mengurangi resiko anda terkena penyakit degeneratif.

Kesehatan