6 Daftar Utama Manfaat Kumis Kucing

6 Daftar Utama Manfaat Kumis Kucing

Manfaat kumis kucing – Manfaat kumis kucing yang beragam bisa kamu peroleh loh, akibat adanya senyawa bioaktif yang berada pada bagian daunnya. Sehingga tak heran apabila kumis kucing mendapat julukan tanaman toga yang bisa menjauhkan kita dari penyakit degenerative.

Penyakit degenerative apabila kita biarkan tak teratasi, maka besar kemungkinan tubuh kita akan mengidap banyak penyakit yang membahayakan. Nah salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi kumis kucing secara rutin dengan jumlah yang cukup.

Macam-Macam Manfaat Kumis Kucing yang Perlu Kamu Catat

Manfaat kumis kucing yang utama adalah bisa mengobati berbagai radang dan bertindak sebagai anti-oksidan yang alami sehingga aman apabila dikonsumsi. Apabila tadi kita menyinggung terkait senyawa bioaktif yang terdapat pada kumis kucing, maka senyawa tersebut seperti flavonoid, kemudian ada saponin, ada steroid, lalu ada triterpenoid, ada senyawa fenol, lalu ada glikosida, dan masih banyak senyawa penting lainnya.

Nah dari senyawa bioaktif tersebut akhirnya melahirkan manfaat kumis kucing yang sangat beragam, utamanya penyakit degenerative. Berikut ini merupakan manfaat dari kumis kucing yang perlu kamu catat atau ingat agar kamu lebih waspada.

  • Mengurangi Nyeri Ketika Haid

Manfaat kumis kucing apabila rutin kamu konsumsi adalah bisa mengurangi rasa nyeri yag terjadi saat kamu haid. Karena kumis kucing bisa akan mengurangi tikat prostaglandin yang menyebabkan nyeri atau bahkan pendarahan yang terlalu berlebih saat haid.

  • Membuat Jantung Lebih Berfungsi dengan Baik

Saat kamu mengkonsumsi kumis kucing pada jumlah yang cukup, maka kamu bisa mempertahankan tingkat kolesterol baik pada kondisi yang aman. Selain itu tingkat TG atau trigliserida juga akan bisa berkurang atau dipertahankan dalam kondisi normal.

Kemudian pada akhirnya jika kondisi tersebut terkontrol maka penyakit jantung atau degenerative lainnya bisa terkendali dengan baik. Sehingga menjauhkan banyak orang dari kemungkinan jantung coroner atau serangan jantung secara tiba-tiba.

  • Menjaga Kadar Gula Darah Pada Kondisi Aman

Pemicu penyakit berbahaya lainnya adalah naiknya kadar gula darah yang mana bisa memperparah kondisi seseorang yang punya diabetes. Oleh karena itu jika kumis kucing kamu konsumsi secara teratur maka anti-diabetik yang ada di dalamnya bisa berfungsi lebih optimal. Anti-diabetik ini akan mengontrol metabolisme senyawa karbohidrat dan gula, kemudian lemak dan gula, lalu menjaga keseimbangan asam amino dan gula.

  • Pengobatan Rematik

Selanjutnya manfaat kumis kucing yang perlu kamu catat adalah kemampuannya untuk menyembuhkan rematik (rheumatoid arthritis). Rematik yang terjadi pada tubuh seseorang biasanya terjadi karena adanya reaksi autoimun dan juga peradangan.

Nah dengan konsumsi kumis kucing yang mempunyai senyawa fenol dan flavonoid maka reaksi autoimun yang terjadi bisa terkendali. Selain itu senyawa-senyawa yang terdapat pada kumis kucing juga bisa menjaga kesehatan tulang rawan dan berbagai jaringan lunak dari berbagai penyakit yang bersifat peradangan.

  • Mengontrol Tekanan Darah Dengan Optimal

Senyawa sinensetin mempunyai sifat meliputi anti-oksidan dan kerja diuretik yang optimal. Yang mana sifat tersebut akan menurunkan jumlah natrium lewat urin yang keluar. Sehingga saat natrium sudah keluar tubuh maka tekanan darah dama pembuluh darah akan terjaga dalam kondisi normal. Oleh karena itu kumis kucing sangat recommended bagi orang-orang yang mempunyai hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Menyembuhkan Asam Urat

Selanjutnya senyawa flavonoid dan fenol yang ada di dalam kumis kucing akan bisa menyembuhkan kondisi asam urat yang terlalu tinggi. Senyawa tersebut terkenal dengan sifatnya yang sebagai anti-radang yang bisa menimbulkan asam urat.

Kemudian apabila kamu rutin mengkonsumsi kumis kucing maka fungsi ginjal akan lebih optimal, lalu lebih cepat dalam perbaikan kerusakan pada ginjal, dan lain sebagainya yang disebabkan oleh asam urat tinggi. Untuk Mendapatkan info lebih tentang kesehatan anda bisa mengunjungi web hermihidayati.com

Nah demikian manfaat kumis kucing yang patut kamu catat dan ingat. Karena penyakit yang bisa teratasi dengan kumis kucing adalah penyakit yang apabila dibiarkan bisa menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya. Dimana penyakit berbahaya ini akan berujung pada kematian secara tiba-tiba, jadi alangkah baiknya segera pelajari bagaimana mengolah kumis kucing agar bisa dikonsumsi.

Kesehatan