6 Langkah Membuat Cabe Bubuk Pedas

6 Langkah Membuat Cabe Bubuk Pedas

Cabe yang awalnya dikenal dalam bentuk tanaman kini bisa didapatkan dalam bentuk yang lain. Sekarang ini bumbu dapur yang bercitarasa pedas tersebut hadir dalam bentuk lain yaitu dalam bentuk bubuk. Bahkan bumbu pedas dalam bentuk bubuk ini dikemas dengan kemasan yang rapi dan bagus serta tampak menarik. Cabe bubuk dalam kemasan ini dinilai lebih praktis sehingga lebih disuka oleh banyak orang. Tak tanggung-tanggung kini rupanya semakin banyak orang yang berusaha untuk membuatnya.

Panaskan oven

Langkah awal yang dapat dilakukan oleh Anda sekalian saat ingin membuat cabe bubuk adalah pastikan tersedia oven di rumah. Lalu panaskan oven tersebut dengan suhu tepatnya 120 derajat Celcius. Biarkan oven menyala agar oven menjadi panas. Oven yang panas nantinya siap digunakan untuk membuat bumbu pedas dalam bentuk bubuk. Hingga nantinya bumbu pedas bisa ditaburkan langsung di atas makanan.

Potong cabe

Selama dalam proses memanaskan oven tentunya Anda bisa menunggunya sambal melakukan hal lain. Misalnya saja sambal memotong cabe agar nantinya bisa digunakan dengan lebih mudah. Sebaiknya potonglah cabe secara memanjang untuk mempermudah proses pembuatan bumbu pedas tabur. Setelah itu jangan lupa untuk membuang batangnya agar tidak sampai tercampur ke makanan nantinya.

Alasi loyang

Kemudian alasi loyang yang telah disiapkan sebelumnya dengan menggunakan kertas roti. Setelah itu taruhlah cabe yang telah dipotong memanjang dan tanpa batang tersebut di atas loyang. Untuk tingkat kepedasan cabe sebaiknya lihat bijinya. Semakin banyak biji yang nantinya dioven maka rasanya akan semakin pedas.

Panggang perlahan

Jika cabe telah dimasukkan ke dalam loyang selanjutnya pangganglah secara perlahan. Proses pemanggangannya di dalam oven bisa berlangsung kurang lebih selama 1 hingga 2 jam. Proses pemanggangan di dalam oven sebaiknya berlangsung sampai cabe benar-benar kering. Setelah kering kemudian angkat loyang dan biarkan hasil panggangan menjadi cukup dingin dengan diletakkan di ruangan.

Masukkan cabe kering

Cabai yang sudah kering selanjutnya dimasukkan ke dalam blender. Atau bisa juga dimasukkan ke dalam food processor. Tujuannya adalah agar cabe kering tersebut bisa dihancurkan hingga menjadi lebih halus. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka Anda bisa melakukan pengcekan terhadap cabai yang telah dihaluskan . Bisa juga gunakan cara tradisional untuk menghancurkannya misalnya dengan cara diulek sampai menjadi halus.

Simpan cabe bubuk

Jika bubuk tersebut telah kering dan juga telah dihancurkan hingga menjadi halus maka bubuk sudah siap . Untuk menyimpannya  tempatkan bubuk di wadah yang bersifat kedap udara. Atau bisa juga bubuk tersebut disimpan di sebuah toples kering. Maka cabai bubuk akan lebih tahan lama dan bisa dinikmati kapan saja bersama dengan makanan favorit Anda.

Cabe yang di masa kini lebih banyak dinikmati secara praktis memang membuat masakan jadi lebih bercita rasa khas. Bagi Anda yang tidak ingin repot membuat cabe bubuk dalam kemasan maka bisa segera membeli berbagai produk cabe bubuk di toko yang menjual buah dan sayur online. Pilihlah cabe bubuk yang tersedia dari berbagai merk di toko online yang biasanya menjual aneka ragam produk sayur dan buah organik segar. Seperti misalnya e-commerce pertanian Indonesia yaitu TaniHub yang selalu siap untuk melayani para konsumen dimana saja secara online. Belanja cabe sekarang jadi lebih cepat dan mudah serta praktis.

Tips Triks