Berikut Panduan Lengkap dan Mudah Tanam Pisang Cavendish untuk Pemula

Berikut Panduan Lengkap dan Mudah Tanam Pisang Cavendish untuk Pemula

Berbicara mengenai pisang tidak lepas dari banyaknya jenis yang perlu diketahui. Di Indonesia sendiri dikenal ada puluhan jenis pisang yang bisa Anda temukan. Salah satunya pisang cavendish , rasanya yang enak dan manis membuat pisang satu ini sering dijadikan sebagai sajian keluarga. Bukan hanya di Indonesia tetapi pisang satu ini cukup dikenal baik pula diberbagai negara lainnya. Bila Anda berkunjung ke supermarket, pisang satu ini tampak dijejer banyak sekali. Harga yang ditawarkan tentu berbeda dengan jenis yang lainnya. Untuk ukuran masih terbilang standar karena memiliki panjang sekitar 15 sampai dengan 25 cm.

Sama dengan jenis yang lain, pisang cabendish memiliki kandungan nutrisi banyak yang diperlukan oleh tubuh. Inilah kenapa bagus jika dikonsumsi setiap hari sebagai pemenuhan nutrisi yang belum didapatkan dari makanan lainnya. Inilah alasan banyak orang menanam pohon pisang sendiri dari pada selalu membeli. Tidak kecuali jenis pisang cavendish, dimana cukup mudah untuk ditanam sendiri dengan langkah yang sederhana. Bag Anda yang berkeinginan untuk budidaya sendiri, pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap seperti apa penanaman yang tepat.

 

Penyiapan Lahan Tanam

Dimulai dengan penyiapan lahan tanam yang umumnya bagus pada daerah dengan ketinggian minimal 1600 mdpl. Jenis tanah yang baik untuk ditanam pisang satu ini juga tidak sembarangan, perlu memiliki kandungan humus dan seperti tanah liat berpasir. Jangan memilih jenis tanah yang mudah air tergenang, hal itu berkaitan dengan musim yang cocok pula. Karena untuk pisang cavendish memerlukan 200 sampai dengan 250 hujan.

 

Pemilihan Bibit Pisang Cavendish

Sama seperti jenis yang lain, dimana ditemukan bibit pisang yang berkualitas tentu akan menghasilkan pisang baik pula. Ini perlu untuk diperhatikan, pisang cavendish sendiri merupakan tumbuhan yang bisa ditanam dengan menggunakan tunas. Umumnya tunas dengan kualitas baik itu memiliki ketinggian sekitar 1 sampai dengan 1.5 meter. Untuk diameter batang juga perlu diperhatikan sebesar 7 sampai dengan 12 cm.

 

Pembibitan Pisang Cavendish Sebelum Menanam

Sebelumnya benih yang berasal dari tunas harus dilakukan pembibitan terlebih dahulu, hal ini bertujuan supaya pisang mampu tumbuh dengan kualitas baik. Selain itu resiko terserang berbagai jenis penyakit tanaman juga diminimalisir sehingga penghambatan pertumbuhan tidak akan terjadi. Dilakukan pembibitan dengan pemberian tunas insektisida, anjuran dosis umumnya 0.5% hingga 1%. Diamkan proses pembibitan tersebut berlangsung kurang lebih satu sampai dengan dua jam, bisa pula menunggu hingga bekas pemotongan bagian tunas tumbuh.

 

Tahap Tanam Pisang Cavendish

Dimulai dengan melakukan pengolahan lahan supaya nutrisi yang diperlukan oleh pisang sesuai, perhatikan saluran air sehingga tidak mudah masuk dan membuat tunas justru lebih mudah membusuk. Perhatikan pula kadar keasaman dari pada tanah, bila kandungan PH dibawah 5, Anda bisa memberikan kapur dengan dosis 300kg/ha supaya keasaman tanah terjaga baik. Dilanjutkan dengan pembuatan lubang sekitar 40x40x40 cm, satu lubang dengan lainnya berkisar 3-4 meter. Campurkan pupuk sebanyak 1sdm jenis NPK, pupuk kandang 2 kg, serta jenis pupuk puradon 1sdm. Diamkan ½ minggu terlebih dahulu sebelum penanaman.

Setelah semua tahapan diatas dilakukan saatnya untuk melakukan perawatan sebelum akhirnya melakukan pemanenan, umumnya usia 12-13 bulan sudah bisa dipanen. Jika tidak ingin merasa kerepotan melakukan penanaman sendiri, Anda bisa langsung beli dengan jenis pisang yang berkualitas. Tidak perlu bingung, di TaniHub Anda bisa temukan segala jenis pisang unggulan kapan saja tanpa kerepotan, tidak kecuali pisang cavendish.

Tips Triks