Cara Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat yang Bisa Anda Coba

Cara Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat yang Bisa Anda Coba

Nyeri haid biasanya terjadi selama hari-hari awal mengalami haid atau bahkan juga sebelumnya. Bagi yang mengalami nyeri haid, biasanya akan membuat rasa nyeri di bagian perut dan tidak bisa untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dismenore tersebut mempunyai gejala seperti akan mengalami kram di bagian perut bawah, punggung bawah, hingga di paha bagian atas. Sehingga tidak hanya nyeri saja, kondisi tersebut juga bisa menimbulkan diare, mual, muntah, sakit kepala, dan pusing. Untuk membantu mengatasi gejala tersebut, ada beberapa cara meredakan nyeri haid yang tidak perlu menggunakan obat yaitu seperti berikut ini:

 

1.Menggunakan kompres air hangat

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kompres air hangat. Kompres bagian perut yang mengalami nyeri menggunakan air hangat. Sehingga dengan panas yang dihantarkan ke bagian perut yang mengalami kram dan nyeri tersebut akan membantu untuk mengendurkan otot dan meredakan kram yang dirasakan. Selain itu panas tersebut juga akan membuat rileks dan membuat rasa tidak nyaman menjadi hilang sedikit demi sedikit. Anda juga bisa berendam menggunakan air hangat yang akan membantu untuk mengendurkan otot perut, punggung, dan kaki. Cara mudahnya juga sekarang ada produk yang bisa digunakan untuk mengompres perut ketika haid. Sehingga tidak perlu lagi untuk menggunakan handuk dan air hangat, tetapi cukup menempelkan alat tersebut ke perut.

 

2.Olahraga ringan

Cara meredakan nyeri haid  selanjutnya yang bisa digunakan tanpa bantuan obat adalah dengan melakukan olahraga ringan. Ketika haid memang tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat, tetapi olahraga ringan akan membantu untuk mengurangi gejala dan rasa tidak nyaman yang dirasakan. Pilih olahraga dengan peregangan yang ringan seperti berjalan-jalan, yoga, dan juga olahraga ringan lainnya. Berolahraga akan membantu melepaskan endorfin sehingga akan dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri yang dialami saat haid.

 

3.Pijat

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan memberikan pijakan lembut pada bagian yang merasa nyeri. Apabila mendapatkan pijatan lembut di bagian area atas perut akan membantu bagian tersebut lebih rileks. Hal tersebut juga efektif untuk mengurangi kram dan nyeri yang dirasakan. Oleh karena itulah Anda bisa mendapatkan pijat bahkan juga akupuntur untuk mengurangi nyeri haid. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak pijat terlebih dahulu sehingga membuat hasilnya menjadi lebih optimal.

 

4.Mengubah pola makan

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah pola makan untuk dapat mengurangi kram yang dirasakan selama dan sebelum menstruasi. Pilih makanan yang baik untuk membantu tubuh sehat dan mengurangi kram seperti makanan yang kaya akan omega 3, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan juga biji-bijian yang kaya akan protein dan lemak sehat untuk tubuh. Selain itu pastikan untuk membuat tubuh terhidrasi dengan baik sehingga minum air putih yang cukup, kaldu sup, dan juga teh herbal. Hal ini penting dilakukan karena kram otot juga bisa disebabkan oleh dehidrasi yang dirasakan.

 

Cara meredakan nyeri haid di atas bisa dibantu dengan lebih optimal dan mudah dengan menggunakan produk Balance Madia Menstruasi Comfort dari Herbana. Produk ini menggunakan bahan herbal yang aman untuk dikonsumsi yaitu ekstrak kunyit, daun seribu, dan juga jinten hitam. Sehingga baik untuk mengurangi nyeri haid dan bisa melewati menstruasi tanpa nyeri yang berlebihan. Anda cukup mengonsumsi 2 kaplet sehari untuk dapat meredakan nyeri yang dirasakan saat haid.

 

Kesehatan