Gusi Bengkak Akibat Terlalu Sensitif? Inilah Cara Alami Mengatasinya

Masalah mulut yang sudah menjadi masalah umum bagi semua orang yakni gusi membengkak. Hampir setiap orang mengalami masalah gusi membengkak. Namun ternyata banyak cara yang digunakan untuk mengatasi gusi yang membengkak.Gusi yang bengkak biasanya disebabkan kesalahan dalam menyikat gigi hingga gusi berdarah, dan dapat juga disebabkan oleh sensitifitas pada gusi setiap orang. Gusi yang bengkak dapat diatasi secara alami tentunya dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan. Cara ini tergolong sangat sederhana dan juga tidak perlu merogoh saku terlalu dalam.
Bagi yang memiliki gejala gusi bengkak ringan, sebaiknya melakukan beberapa cara berikut :

Berkumur dengan Larutan Garam

Air garam mengandung sodium yang dapat menjadi antiseptik alami bagi kesehatan mulut. Selain mengatasi gusi bengkak, kita juga dapat menfaatkan air garam untuk mengusir karang atau plak pada gigi.
Caranya, cukup gunakan larutan garam sebagai obat kumur, setiap kali selesai menyikat gigi. cara ini juga lebih efektif jika dilakukan pada malam hari.

Berkumur dengan Larutan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat menyeimbangkan pH di dalam mulut. Air lemon dapat menjadi antiseptik alami pereda gusi bengkak.
Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan air perasan lemon dan mencampurkanyya dengan air hangat. Gunakan sebagai obat kumur sehari 3 kali.

Belimbing Wuluh

Jenis belimbing ini terkenal dengan rasa asam yang luar biasa. Namun di balik rasa asam tersebut belimbing wuluh dapat mebuat gusi bengkak menjadi reda.
Caranya yakni dengan menghaluskan belimbing wuluh kemudian mengoleskannya pada bagian gusi yang bengkak. Namun bagi yang suka dengan rasa asam, dapat secara langsung mengunyah belimbing wuluh untuk dijadikan sebagai makanan.
 

Merica

Salah satu bumbu dapaur yang juga dapat dijadikan pereda gusi bengkak yakni dengan merica. Caranya cukup haluskan beberapa butir merica, campur dengan sedikit air, kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

Daun Jambu Biji

Air rebusan daun jambu biji mengandung antiinflamasi dan juga antinyeri. Kandungan tersebut mencegah bakteri berkembang dan juga mampu mengurangi peradangan pada gusi.
Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun jambu biji kemudian menggunakan air tersebuat sebagai obat kumur.

Rajin Sikat Gigi

Dengan rutin melakukan sikat gigi minimal 2 kali sehari dapat menjaga kebersihan mulut. Lakukan cara ini secara rutin dan hati-hati. Gunakan sikat gigi yang masih layak dan juga rajin mengganti sikat gigi paling tidak dua bulan sekali.

Hindari minuman Alkohol

Minum minuman yang mengandung alkohol dapat membuat gusi meradang. Hal ini ditandai dengan gusi yang awalnya berubah menjadi berwarna merah.

Hindari Makanan Yang Menyangkut di Gigi

Sela-sela gigi juga dapat memicu gusi bengkak jika terisi oleh sisa makanan. Biasanya sela-sela gigi terisi oleh serat daging dan juga makanan lain seperti nasi, atau lainnya. Usahakan selalu berkumur atau menyikat gigi jika ada makanan yang menyangkut di sela-sela gigi agar tidak menyebabkan gusi bengkak.
Itu tadi beberapa cara alami yang digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Jika memang berbagai cara tersebut sudah dicoba, namun gusi masih bengkak, sebaiknya priksakan ke dokter gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *