Masalah Pada Saluran Pipa Air Panas Yang Umumnya Terjadi

Masalah Pada Saluran Pipa Air Panas Yang Umumnya Terjadi

Tidak hanya saluran air biasa saja, pada saluran pipa air panas untuk juga terjadi beberapa masalah. Tentu saja masalah ini meski bisa diatasi tapi bagi orang awam pasti sangat mengganggu. Masalah saluran air bisa saja muncul meski pemasangannya sudah benar dilakukan. Biasanya karena ada perbedaan kebutuhan dan juga spesifikasi membuat air mengalami beberapa masalah di kemudian hari.

Pada pipa air panas sendiri terdapat beberapa masalah yang cukup sering muncul dan bisa mengganggu suplai air panas di rumah. Berikut ini akan dijabarkan beberapa masalah yang umumnya muncul dan solusi yang bisa dilakukan.

  • Debit air kecil, masalah yang pertama yang umumnya terjadi pada saluran pipa untuk air panas adalah debit air yang kecil karena disebabkan banyak penumpukan kotoran sehingga aliran air jadi tersumbat. Pengendapan bisa terjadi karena mineral yang dibawa menumpuk sedikit demi sedikit dan membuat pipa jadi mampet. Hal ini tentu jika terjadi terus-menerus membuat debit air jadi menurun. Solusinya Tentu saja Anda harus membersihkan kerak dan kotoran yang menumpuk tersebut dengan cairan pembersih. Bersihkan bagian input dan output yang kerap ditumpuk oleh kerak dan juga lumut.
  • Munculnya suara berisik, pada saluran untuk pipa air panas juga terjadi kebisingan yang cukup mengganggu jika terjadi dalam waktu yang lama. Munculnya suara berisik ini umumnya terjadi setelah beberapa tahun instalasi pemasangan pipa air. Solusinya tentu saja Anda harus memanggil tukang pipa. Namun jika anda ingin melakukan pengecekan maka bisa melakukannya pada bagian pressure relief valve. Anda bisa mengangkat bagian tuas dan lihat apabila suara tidak muncul lagi maka masalah tersebut sudah selesai. Jika kebisingan masih terjadi maka anda tentu membutuhkan jasa tukang pipa.
  • Kualitas air yang kian memburuk, tanda-tandanya bisa dilihat dari perubahan warna air. Jika air menjadi semakin keruh maka masalahnya terdapat pada tangki air yang kotor. Tangki air yang kotor akan membawa mineral dan bakteri sekaligus dan ketika menumpuk akan membuat kualitas air menjadi jelek. Nah Anda bisa menguras atau membersihkan tangki untuk solusi dari permasalahan ini. Kuras sehingga air benar-benar habis lalu Anda bisa membersihkan bagian dalam tangki. Jika sebelumnya menggunakan pipa dari dari besi tembaga, maka bisa menggantinya dengan pipa plastik berdaya tahan panas dari produk pipa PPR.
  • Air mengalami bau, selain warna air yang berubah saluran pipa untuk air panas juga bisa mengalami bau yang tidak sedap. Alasannya tentu saja ada banyak bakteri yang membusuk pada saluran sehingga mengeluarkan bau busuk pula. Solusinya adalah dengan membersihkan tempat penyimpanan air untuk membuat saluran air tidak mengeluarkan bau tak sedap. Permasalahan bau busuk pada saluran air ini umumnya terjadi pada sanitasi air rumah tangga.

 

Demikian beberapa kendala yang umumnya terjadi pada saluran pipa air panas rumah tangga. Masalah-masalah di atas tentu saja bisa diatasi baik anda sendiri secara mandiri ataupun dengan memanggil tukang pipa profesional. Bagi yang sedang mencari pipa PPR khusus untuk aliran air panas maka bisa memilih pipa Kelen Green dari Rucika. Anda tenang saja, karena pipa Kelen Green sendiri sudah berstandar SNI dan juga sudah aman karena memiliki sertifikat food grade. Jadi penggunaan pipa aman bagi lingkungan dan pipa yang sudah tidak bisa digunakan akan mengalami proses daur ulang untuk menjadi pipa baru.

Tips Triks