Memilih Jasa ekspor? Baca Dulu Persyaratan Kirim Ekspor & Impor

jasa ekspor

Jasa ekspor dan impor memiliki ruang lingkup yang cukup luas karena bukan lagi dalam negeri tapi sudah taraf internasional. Belum lagi jasa ini adalah salah satu solusi paling cepat untuk pengiriman dari kota-kota besar yang ada di Indonesia menuju ke luar negeri.

Jasa kirim luar negeri tentunya memiliki beberapa persyaratan atau dokumen kelengkapan yang harus disediakan oleh pengirim. Simak berikut ini beberapa persyaratannya.

Syarat Bisa Kirim Ke Luar Negeri

1. Invoice Pembelian

Invoice pembelian biasanya dibuat oleh perusahaan yang menjual invoice dan nantinya digunakan sebagai pajak bea cukai.

2. Izin Ekspor Impor

Setiap kegiatan yang dilakukan tentu harus memiliki izin yang legal termasuk jasa ekspor dan impor. Bagi perusahaan UKM yang baru saja merintis usaha ekspor umumnya akan dibantu oleh perusahaan forwarder yang biayanya dibebankan kepada perusahaan tersebut. Ada juga tambahan biaya administrasi yang harus diisi dan diberikan sebagai data.

3. Surat Karantina

Surat karantina biasanya diberikan untuk produk-produk non Genco. Genco adalah istilah untuk barang umum seperti hasil cetakan, baju atau pecah belah. Biasanya untuk pengurusan surat karantina dibebankan pada tumbuhan, hasil bumi, ternak, sayur mayur hingga bunga.

4. Izin Dari Departemen Bersangkutan

Izin ini biasanya digunakan untuk barang dan jumlah tertentu. Misalnya saja barang pertanian atau hasil kebun seperti karet, kopi dan  palawija. Hal ini akan diurus ke Departemen pertanian atau Departemen terkait lainnya.

5. Packing SNI

Biasanya dilakukan pula packing dengan standar packing SNI, bahkan hal ini wajib dilakukan. Karena untuk jasa ekspor dan impor biasanya melakukan perjalanan yang jauh maka dibutuhkan standar SNI dibanding pengiriman dalam area domestik.

6. Surat MSDS

Surat keterangan MSDS dibutuhkan untuk barang-barang kimia dan DG. Barang DG umumnya adalah yang mengandung baterai dan dinamo. Sementara untuk barang cair seperti kimia dan serum, termasuk cat, parfum dan lem.  Atau juga barang yang berhubungan dengan bahan peledak atau dinamit. biasanya surat ini dikeluarkan oleh perusahaan pembuat yang diminta untuk  jasa kirim luar negeri.

7. Izin Usaha Sebagai Badan/Perusahaan Legal Dan Resmi

Pelaku bisnis ekspor dan impor tentu harus memiliki izin usaha sebagai peran perusahaan yang legal dan juga resmi. Untuk pemula dalam bisnis ini,  Anda harus mengetahui bahwa ada pengiriman barang domestik saja membutuhkan dokumen dan standar tertentu apalagi untuk skala internasional.

Penutup

Demikian beberapa persyaratan untuk ekspor barang. Salah satu jasa ekspor yang paling direkomendasikan untuk pengiriman barang ke luar negeri adalah kilo.id. Kilo.id melayani pengiriman ekspor Salah satunya ke Singapura dengan harga termurah tanpa penambahan biaya kurir. pengiriman barang cepat aman dan juga sudah pasti sampai ke tujuan. untuk estimasi biaya pengiriman Anda bisa melihatnya langsung pada website Kilo.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *