Sakit Gigi Mengganggu, Ini Cara Mengatasi Sakit Gigi di Rumah

Banyak dari kita tentunya pernah mengalami sakit gigi yang merupakan gejala dari penyakit pada gigi atau gusi. Sakit gigi dapat menjadi salah satu tanda bahwa ada penyakit pada tubuh lain yang menimbulkan nyeri dan menjalar ke sekitar gigi, contohnya adalah serangan jantung atau gangguan saraf di wajah. Selain sakit gigi ini sangat berpengaruh pada saat mau tidur karena akan terganggu, jangankan nyenyak, untuk memulai tidurpun jelas sulit karena rasa sakit yang luar biasa. Sakit gigi harus dicari sebabnya supaya tuntas, tetapi untuk kondisi darurat, ada cara mengatasi sakit gigi di rumah dengan bahan-bahan di sekitar kita.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi adalah kondisi di mana rasa nyeri menyerang di dalam atau di sekitar gigi bahkan rahang. Sakit gigi memiliki tingkatan parahnya rasa nyeri yang berbeda-beda, mulai dari nyeri ringan hingga berat, sehingga sakitnya membuat sakit kepala. Karenanya menjaga kesehatan gigi sangat penting bagi semua orang. Hanya gigi dan mulut sehat yang mampu membantu kita makan dengan baik. Jika sudah sakit gigi maka anda harus pergi ke dokter gigi.
Dengan membersihkan gigi setiap hari maka beberapa masalah pada gigi akan dapat dihindari. Menyikat d gigi dengan sikat gigi lembut dapat mencegah infeksi gusi terlebih  gusi berdarah. Untuk mencegah sakit gigi, kebersihan mulut sangat penting, sehingga kita dapat terhindar dari masalah gigi yang ada. Makanan bukan bergizi seimbang,  dan lebih banyak makanan manis pun bisa menjadi penyebab sakit gigi.
Sakit gigi adalah salah satu hal yang menyebalkan dan mengganggu. Biasanya secara terus menerus gigi akan sakit, dan juga bisa kadang hilang, kemudian datang lagi, apalagi kalau kita salah makan atau minum . Sakit gigi adalah gejala dari penyakit gusi atau penyakit pada gigi seperti kerusakan gigi, patah gigi, infeksi gusi dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Berikut adalah cara mengatasi sakit gigi yang ampuh, mudah dan praktis untuk Anda lakukan:

1. Cengkeh

Minyak cengkeh dan cengkehberkhasiat menjadi obat untuk meredakan sakit gigi. Dalam proses penggunaannya  cengkeh bisa ditambah sedikit minyak zaitun dengan tujuan meringankan  infeksi. Menjadikan campuran minyak cengkeh dan air untuk kumur juga menjadi obat yang sangat baik untuk meredakan sakit gigi. Tapi perlu diingat, jangan gunakan cengkeh terlalu sering, karena dapat menyebabkan iritasi dan ulserasi pada gusi.

2. Air Garam

Air garam hangat merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan.  Air garam hangat memang sudah dipercaya sejak dulu oleh masyarakat yang mana air garam sangat berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Caranya adalah masukkan garam ke dalam air hangat, kemudian kumurlah dengan air garam hangat tersebut.
Cara berkumur dengan air garam dengan air hangat ini akan bekerja meredakan sakit pada gigi karena ketika ramuannya air garam melakukan kontak langsung dengan gigi yang sakit, ia akan melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi.

3. Daun Jambu

Jangan meremehkan daun buah yang ketika membeli buah, lalu daunnya dibuang, salah satunya daun jambu.  Daun jambu mempunyai manfaat  meredakan sakit gigi. Daun jambu memiliki sifat antiradang serta antimikroba. Tidak hanya itu, daun jambu juga memiliki analgesik yang jadi pereda nyeri.
Kita dapat menjadikan daun jambu sebagai referensi pengobatan sakit gigi dengan cara melipat atau menggulung daun terlebih dahulu, kemudian kunyahlah hingga ekstra airnya keluar. Setelah itu arahkan ekstrak daun jambu biji tersebut menuju gigi yang sakit.

4. Daun Sirih

Daun sirih terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi. Daun sirih dapat digunakan sebagai obat alami untuk menguatkan gigi, mengatasi bau mulut, menghentikan pendarahan yang sedang terjadi pada gusi, dan juga dapat digunakan sebagai bahan antiseptik alami. Cara menggunakannya adalah dengan mengunyah daun sirih atau merebusnya kemudian airnya digunakan sebagai obat kumur.

5. Obat Penghilang Rasa Sakit

Konsumsi obat penghilang rasa sakit/ nyeri hendaknya dikonsumsi dengan sangat hati-hati. Perhatikan petunjuk pada kemasan, bahwa konsumsi obat paling lama 3 hari. Bila sakit masih berlanjut kita harus segera ke dokter gigi untuk dicari penyebab dan diobati hingga tuntas. Obat-obat penghilang yang bisa kita konsumsi di antaranya adalah Paracetamol, Hidrogen Peroksida 3%, Ibuprofen, Naproxen.
Umumnya, paracetamol dan ibuprofen adalah obat yang sering digunakan untuk meredakan sakit gigi, karena mudah didapat pada apotek-apotek terdekat.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *